Peluang Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga!!! Gabung Sekarang!!!

Hide
Show
 Categories : Tips Internet Tips Online

 

Setelah selesai dan sukses dengan instalasi WordPress, sekarang mari kita mulai membuat blog dengan WordPress.

  1. Pertama tentunya kita harus login dulu ke admin WordPress, caranya dengan mengetikkan “namadomain.com/wp-admin” pada browser kita.
  2. Kita akan berada di halaman Dashboard WordPress kita, silahkan kenali menu-menu yang ada di dashboard. Tentunya kita ingin tampilan blog kita lebih menarik bukan? Untuk itu kita bisa mengganti themes default WordPress. Tersedia banyak sekali themes Worpress di internet, bisa di googling aja dengan kata kunci “WordPress Themes” (Klik aja kalau mau cepat… 🙂 ). Setelah menemukan themes yang cocok, jangan lupa untuk mendownload dan menyimpannya di komputer kita, biarkan tersimpan dalam format zip tidak usah diekstrak.
  3. Sekarang kita ganti themes dulu ya, klik aja “Change Themes” lalu pilih “Install Themes” kemudian “Upload” selanjutnya “Choose File”. Pilihlah themes yang telah didownload tadi, lalu klik “Install Now” dan tunggu prosesnya sampai selesai dan muncul pesan “Theme installed successfully”. Kita tinggal mengklik “Activate” untuk mengaktifkan theme tersebut. Untuk melihat hasilnya, coba buka domain kita di browser.
  4. Agar blog kita lebih dikenal oleh search engine seperti Google dan Yahoo, sebaiknya blog kita diinstall plugin All in One SEO Pack. Untuk menginstall klik menu “Plugins” di dashboard, pilih menu “Add New” dan ketikkan “All in One SEO Pack” di kotak Search, lalu klik “Search Plugins”. Cari “All in One SEO Pack” lalu klik “Install Now”, klik “OK” akan muncul pesan bahwa plugin telah berhasil diinstall. Langsung saja aktifkan plugin dengan meng-klik “Activate Plugin”. Plugins
  5. Setelah kita activate akan muncul pesan dalam box merah yang mengharuskan kita masuk halaman admin. Klik aja “the admin page”, kita akan berada pada halaman All in One SEO Plugin dan yang harus kita lakukan adalah:
    • Memilih “Enabled” pada “Plugin Status”
    • Menentukan judul Home blog kita (halaman utama) pada “Home Title”
    • Mendeskripsikan Home pada “Home Description”
    • Memberikan kata kunci untuk Home blog kita pada “Home Keywords”. Ini sangat penting, sesuaikan keyword dengan isi blog kita dan masukkan sebanyak mungkin keyword dengan memisahkan setiap keyword dengan koma. Untuk kotak yang lain tidak usah diutak-atik dulu. Setelah selesai klik “Update Options” di bagian bawah.
  6. Sekarang kita sudah bisa mulai membuat postingan di blog kita. Klik “Post” di dashboard, telah ada satu postingan default WordPress dengan judul “Hello World” yang bisa kita hapus dengan meng-klik “Trash”. Untuk membuat postingan baru klik “Add New”.
    • Ketik judul postingan
    • Ketik isi postingan
    • Buat kategori atau pilih dari kategori yang sudah ada
    • Tambahkan Post Tags (beberapa kata kunci postingan kita)
    • Pada bagian All in One SEO Pack
      • Masukkan judul postingan
      • Deskripsikan postingan kita
      • Masukkan kata kunci postingan kita sebanyak dan seakurat mungkin
  7. Sekarang tinggal klik “Publish” dan Klik “Preview” untuk melihatnya.

Selamat ya….. sudah berhasil membuat blog dengan WordPress untuk selebihnya silahkan di eksplor sendiri ya………

 Posted on : October 17, 2017

About

Nama saya Yan Abrar sesuai dengan nama blog ini, seorang suami dan alhamdulillah telah menjadi ayah dari seorang putri cantik bernama Rania Alifa Abrar. Saya membuat blog ini dengan tujuan untuk belajar menulis dan berbagi pengalaman yang bermanfaat bagi kita semua.

6 Responses to “Membuat Blog dengan WordPress”
Read them below or add one

  1. makasih untuk tutorialnya..
    lengkap banget..

  2. Saya pikir membuat blog dengan wordpress itu sulit, ternyata tidak demikian
    baik proses install maupun memposting blog sangatlah mudah apalagi ada banyak plugin pendukung, aktivitas ngeblog dengan wordpress makin mudah

  3. […] yang baru belajar WordPress mungkin agak bingung juga ketika ingin menjadikan kategori sebagai salah satu Menu di toolbar […]

  4. […] yang baru belajar WordPress mungkin agak bingung juga ketika ingin menjadikan kategori sebagai salah satu Menu di toolbar […]

  5. Mas mau nanya nich. Saya sdh terlanjur bikin blog wp langsung dari internet, tidak install program wp dulu. Katanya tidak bisa install themes dar luar? lalu bisa ganti ke wp yang diinstal nggak?

    1. Artikel saya ini memang untuk membuat blog dengan domain berbayar, sementara wordpress.com sudah punya template sendiri jadi tidak bisa atau tidak perlu diinstall lagi…..
      Terima kasih atas kunjungannya Mba Jeanni

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.